Sekilas Info

PAUD St. Antonius Padua Diresmikan, Karakter Anak Dibentuk Sejak Usia Dini

SINTANG | SenentangNews.com- Bupati Sintang Jarot Winarno didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah meresmikan gedung Paud St. Antonius Padua di Sungai Durian Sintang, Kamis (12/10/).

Peresmian gedung Paud St. Antonius Padua yang dihadiri anggota DPRD Sintang Markus Jambari dan Welbertus ditandai dengan pemotongan pita dan pembukaan selubung papan nama.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengucapkan selamat atas selesainya pembangunan gedung tempat pelaksanaan Pendidikan Anak Usia Dini milik Kongregasi Serikat Misi Fransiskan St. Antonius Sintang.

Bupati menyampaikan bahwa PAUD merupakan pendidikan dasar yang sangat penting dalam pertumbuhan seorang anak. Melalui PAUD ini menjadi jembatan antara pendidikan keluarga dan usia sekolah

“Penyelenggaraan pendidikan ini adalah karya suster rakyat. Sekolah ini akan mendampingi anak-anak pada masa keemasannya, 3-6 tahun,” katanya.

Menurut bupati Jarot pada umumnya yang diajarkan PAUD adalah disiplin, keteraturan jadi pentingnya hal ini untuk menyongsong masa keemasan bangsa Indonesia di tahun 2045,

“Gedungnya mungkin kecil tapi karyanya besar karena kelak akan dirasakan di tahun-tahun mendatang,” kata orang nomor satu di Sintang ini.

Uskup SIntang Mgr. Samuel Oton Sidin, OFM.Cap menyampaikan bahwa keberadaan gedung pendidikan yang diselenggarakan para suster ini menjadi perpanjangan karya Gereja di tengah masyarakat.

“Kiranya gedung ini dapat digunakan secara maksimal oleh para suster dan orang tua,dengan adanya sarana ini kita berharap anak-anak yang didampingi disini akan bertumbuh dewasa secara utuh dan menyeluruh,” tambahnya.

Ketua Komite PAUD, Edi Susanto menyampaikan terima kasih atas bantuan para donatur. Begitu pula Sr. Korona, selaku kepala Sekolah menyampaikan kembali terima kasih atas segala bantuan yang telah diberikan kepada pihaknya untuk pembangunan gedung baru.

"Paud ini berdiri sejak tahun 2004, menggunakan mess guru untuk mengurus 111 orang anak ini kami juga meminjam gedung asrama 1 unit untuk kelas taman kanak-kanak," tukasnya.

Terpisah Anggota DPRD Sintang Welbertus mengatakan Pendidikan anak usia dini (PAUD) adalah jenjang pendidikan sebelum masuk ke pendidikan dasar (SD) yang merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan bagi anak sejak lahir sampai.

Menurutnya PAUD merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan anak sejak usia dini.

“Saya memberikan apresiasi atas telah diresmikannya gedung Paud St. Antonius Padua di Sungai Durian Sintang ini,”kata politisi PDI Perjuangan ini.

Dikatakannya, keberadaan PAUD sebagai sarana pendidikan dasar bagi anak, sangatlah bermanfaat untuk pendidikan anak selanjutnya.

“Diharapkan agar pembangunan yang telah dilakukan dapat bermanfaat sebaik mungkin oleh masyarakat, dan fasilitas pendidikan yang telah dibangun saat ini sebagai bentuk untuk mendukung pendidikan yang ada di kabupaten Sintang,”ungkapnya.(bny)

error: Content is protected !!