Tolak GGD, Ratusan AMPP Datangi DPRD Sintang

260

SINTANG | SenentangNews.com – Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan mendatangi Gedung Rakyat Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Sintang, Kamis (12/10).

Aksi yang diikuti mahasiswa dan masyarakat Sintang ini dilakukan untuk memprotes kebijakan pemerintah terkait program Guru Garis Depan (GGD) yang dinilai merugikan atau mendiskriminasikan putra – putri daerah Kabupaten Sintang.

Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Jeffray Edward dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Sandan menerima langsung kedatangan ratusan masyarakat yang akan menyampaikan aspirasinya.

Dalam orasinya, Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan meminta agar program tersebut tidak dijalankan di Kabupaten Sintang, karena mereka menilai program itu hanya akan menciptakan pengangguran dan munculnya kecemburuan sosial yang jauh lebih besar.

“Kami minta kepada Bupati Sintang dan DPRD selaku perpanjangan tangan pemerintah pusat agar dapat menolak program ini di Sintang,” teriak koordinator aksi, Endi Dacosta.

Mereka menilai syarat mengikuti program GGD tidak mungkin mengakomodir sarjana keguruan yang ada di Kabupaten Sintang karena terbentur dengan sejumlah persyaratan dan ketentuan oleh Kementerian Pendidikan.

Karena itu, tambah dia, masyarakat Kabupaten Sintang yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan menolak program tersebut.

“Syarat untuk mengikuti program GGD harus pernah mengikuti program Pendidikan Profesi Guru, Sarjana Mengajar di daerah terdepan, terluar dan tertinggal (SM-3T). Kami rasa ini tidak fair dan hanya akan merugikan calon tenaga pendidik kita di daerah,” kata dia.

Atas syarat tersebut, Aliansi Masyarakat Sintang Peduli Pendidikan merasa bahwa program GGD tidak menguntungkan dan memihak pada putra putri setempat.

“Kita minta Bupati dan DPRD untuk menolak dilanjutkannya sistem penerimaan Guru dan CPNS yang bersifat sentralistik sehingga menggantikan generasi putra – putri daerah kita,” pintanya.

Meski sejumlah massa yang berada diluar gedung sempat memaksa masuk dan ikut serta mendengarkan secara langsung diskusi antara Ketua DPRD Sintang, Wakil Ketua DPRD, Kadisdik, BKPSDM serta sejumlah perwakilan dari Aliansi Masyarakat Peduli Pendidikan, aksi tetap berjalan baik, lancar dan aman. (Uli)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here