Sekilas Info

PLBN Sungai Kelik Tertunda, Pempus Fokus Bangun Jalan Paralel di Kalimantan

Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus

SINTANG | SenentangNews.com- Keinginan pemerintah Pusat (Pempus) membangun Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Sungai Kelik Kabupaten Sintang sepertinya akan tertunda untuk sementara waktu. Pasalnya pemerintah Malaysia sampai sekarang masih enggan untuk diajak kerjasama .

“Untuk sementara pihak Malaysia tidak mau karena mereka masih ingin fokus di tiga titik PLBN yang sudah ada di Kalbar, seperti Aruk (Sambas), Entikong (Sanggau) dan Badau (Kapuas Hulu). Sementara Jagoi Babang (Bengkayang) dan Sungai Kelik (Sintang) masih menunggu,”kata Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lasarus saat berkunjung ke Sintang.

Dari tiga titik PLBN yang sudah ada, kata Lasarus, tidak berfungsi secara full. Sebab, pusat perdagangan nantinya terfokus di Entikong (Sanggau).

"Hanya Entikong yang berfungsi full nantinya. Aruk Sambas dan Badau Kapuas Hulu tidak. Tetapi Imigrasi di tiga PLBN itu sudah dibuka, sehingga memudahkan mobilitas masyarakat juga, namun untuk di Sungi Kelik kita masih menunggu" ujarnya.

Politisi PDI Perjuangan ini mengatakan, saat ini Pempus komitmen membangun jalan paralel di perbatasan. Untuk di Kalbar, mulai dari jalur lintas tengah Pontianak - Nanga Pinoh (Melawi) - Kalimantan Tengah.

Kemudian, untuk lintas Selatan dimulai dari jalur Nunukan (Kaltim) - Banjarmasin - Jembatan Tayan - Aruk (Sambas). Untuk lintas Utara, Jagoi Babang (Bengkayang) - Entikong (Sanggau) – Senaning (Sintang) –Badau ( Kapuash Hulu) – Nanga Erak – Perabatsan Kalitim .

"Jadi Pempus komitmen membangun jalan paralel yang menghubungkan beberapa provinsi yang ada di pulau Kalimantan,"kata Lasarus.

Untuk jalur Kalbar - Kaltim, menurut Lasarus, pembangunannya tahun ini sudah dimulai. Sementara, jalur Kalbar - Kalteng saat ini sedang proses penyepakatan titik temu jalan yang akan dibuka.

"Programnya sudah jalan. Begitu diskusinya selasai, jalaur lintas tengah dapat segera terealisasi,," katanya.

Lasarus mengatakan, program Pempus yang ada di Kalbar untuk membangun jalan di pulau Kalimantan ini akan terus berjalan sampai jalannya mulus dan kondisinya mantap.

"Targetnya jalan lintas Tengah, Selatan dan Utara mulus sehingga jalur itu dapat digunakan fungsional," katanya. (bny)

error: Content is protected !!