Sekilas Info

Masih Ada Pungutan, Warga Pertanyakan Penggunaan Dana BOS

SEKADAU | SenentangNews.com – Maraknya ungutan-pungutan yang dilakukan oleh sekolah dari tingkat SD hingga SLTA baik negeri maupun swasta membuat tanya tanya besar bagi banyak pihak.

Iskandar, salah satu warga mempertanyakan kegunaan dana Bantuan Operasional Pemerintah (BOS) yang telah diberikan kepada sekolah-sekolah.

“Masih adanya pungutan yang dilakukan sekolah sehingga menimbulkan pertanyaan, kemana dana BOS tersebut disalurkan dan untuk apa peruntukkannya. Mestinya kalau sudah ada dana BOS, tidak perlu ada pungutan lain,” ucapnya.

Ia mengatakan pungutan tersebut diambil biasanya melalui komite sekolah sehingga dianggap orangtua siswa sudah setuju dengan adanya pungutan dana tersebut.

“Pemungutan dana tersebut biasanya melalui komite sekolah. Dalam lembaran pungutan sudah ada tanda tangan Ketua Komite sekolah sehingga dianggap seluruh orangtua siswa setuju meski terkadang memberatkan,” tuturnya.

Meskipun begitu, ia mengungkapkan tidak semua sekolah yang melakukan pungutan tersebut. Namun tentu sangat disayangkan jika ada sekolah bahkan sekolah yang berstatus negeri melakukan pungutan sekolah yang bertujuan untuk membiayai beberapa hal diluar kebutuhan pokok sekolah.

“Tidak semua sekolah melakukan pungutan. Itu tentu kita apresiasi berarti dana BOS digunakan tepat guna dan sasaran sehingga tak ada lagi yang namanya pungutan untuk pembiayaan terhadap hal-hal yang tidak penting,” ujarnya.

Ia berharap Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui instansi terkait dapat mengecek langsung ke sekolah-sekolah sehingga tidak ada pungutan diluar kebutuhan pokok sekolah seperti pakaian dan buku.

“Dinas terkait harus mengecek agar dana bantuan pemerintah tepat guna baik untuk sekolah maupun membantu anak yang kurang mampu. Dinas terkait juga harus memberikan teguran kepada kepala sekolah yang melakukan pemungutan tersebut sehingga kejadian seperti ini tidak terulang kembali,” pungkasnya. (tjo)

error: Content is protected !!