Sekilas Info

Hendrika Minta DAD Kecamatan Siapkan Diri

SINTANG | SenentangNews.com – Ketua Panitia Pekan Gawai Dayak (PGD) Kabupaten Sintang Tahun 2017, Hendrika meminta kepada seluruh Dewan Adat Dayak (DAD) kecamatan yang ada di Kabupaten Sintang untuk bekerja sama menyiapkan diri menjadi peserta Gawai Dayak tahun 2018 mendatang.

“Ketua DAD Kabuapten Sintang dan Pemerintah Kabupaten Sintang mendukung pelaksanaan Gawai Dayak dilakukan setiap tahun. Untuk itu, DAD Kecamatan harus mempersiapkan diri agar bisa menampilkan leboh banyak potensi pada pelaksanaan Gawai Dayak pada tahun mendatang,” ucapnya.

Koordinator Seksi Acara PGD Kabupaten Sintang Tahun 2017, Victor Emanuel menyampaikan antusiasme masyarakat Kabupaten Sintang untuk menyaksikan dan memeriahkan Pekan Gawai Dayak Tahun 2017 sangat tinggi yang ditandai dengan membludaknya pengunjung di arena Pekan Gawai Dayak.

“Setiap malam, di sekitar panggung utama sangat ramai baik oleh pendukung peserta yang ikut lomba maupun masyarakat yang ingin menyaksikan perlombaan. Pada malam hari, saat lomba sastra lisan, lomba sape, lomba lagu Dayak dewasa, tari Dayak kreasi dan final Bujang Dara Gawai, penonton sangat luar biasa namun tetap aman terkendali,” tuturnya

Ketua DAD Provinsi Kalimantan Barat, Jakius Sinyor saat pembukaan Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2017 pada Selasa lalu (11/7) mendorong agar pelaksanaan Gawai Dayak di seluruh Kabupaten /Kota di Kalimantan Barat untuk dilaksanakan sebelum pelaksanaan Gawai Dayak Provinsi Kalimantan Barat.

“Kedepannya, Gawai Dayak Provinsi Kalimantan Barat akan menjadi gawai yang terakhir. Artinya, seluruh Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat melaksanakan Gawai Dayak dulu, usai itu baru Gawai Dayak Provinsi Kalimantan Barat digelar,” tukasnya.

Panitia Gawai Dayak Kabupaten Sintang Tahun 2017 memutuskan untuk melaksanakan 16 jenis perlombaan. Sementara pada Pekan Gawai Dayak Provinsi Kalimantan Barat Mei 2017 yang lalu melaksanakan 20 jenis perlombaan. Artinya ada empat jenis lomba yang tidak bisa dilaksanakan seperti lomba seni rupa, melukis kanvas, tato dan genggong.  (Uli)